Wisnu Nugraha introduce my name is Wisnu Nugraha, I like traveling and writing

Sejarah dan Misteri Villa Isola UPI Bandung Indonesia

4 min read

villa isola

Lokasi menuju villa isola: Jl. Setiabudi, Dago, Isola, Sukasari, Bandung City, Jawa Barat 40154, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 08.00 – 18.00
Telepon: 022-2013163

Bandung bukan hanya terkenal dengan musik indie, wanita-wanita cantik dan juga aneka kuliner yang siap memanjakan lidah. Di kota kembang ini ada banyak pesona keindahan alam dan juga kawasan wisata yang siap memanjakan para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru. Tentu saja memberikan kesan tersendiri. Sementara untuk tata kotanya sendiri masih mengadopsi jaman kolonial Belanda. Tidak heran jika banyak bangunan-bangunan tua. Dan ternyata hal ini membuat Bandung memiliki wisata misteri yang memberikan sesuatu yang berbeda yaitu misteri villa isola.

Wisata misteri ini tentu saja bisa memberikan sebuah kejutan kepada para wisatawan untuk merasakan sensasi dunia lain yang bisa membuat bulu kuduk merinding. Salah satu wisata misteri yang dimiliki oleh Bandung adalah Villa Isola yang memiliki bentuk bangunan kuno zaman Kolonial Belanda. Vila yang sekarang ini memiliki nama Bumi Siliwangi tersebut memang memiliki cerita misteri tersendiri.

Mengenal Villa Isola

Ada kisah sejarah dan juga cerita misteri yang menyelimuti Villa Isola. Villa yang berada di daerah Bandung Utara atau lebih tepatnya di jalan Setiabudi Kawasan Dago ini memang cukup banyak bangunan peninggalan masa Kolonial Belanda yang memiliki bentuk dengan pilar besar dan juga tampilan yang mewah. Tidak heran jika Villa Isola memiliki tampilan yang khas seperti jaman kolonial Belanda.

Di daerah Dago memang menjadi salah satu daerah administratif di jaman kolonial Belanda. Tidak heran jika terdapat sisa-sisa bangunan tua dari jaman Belanda yang sekarang ini menjadi dialih fungsikan. Akan tetapi cerita sejarah dan juga misteri yang muncul memang cukup banyak.

Villa Isola yang sudah berganti nama menjadi Bumi Siliwangi sendiri tidak jauh dari hal-hal tersebut. Dari arsitektur bangunan sendiri terlihat megah dan juga mengedepankan karakter Eropa klasik yang kental. Ditambah lagi dengan adanya cerita sejarah dan juga kisah misteri yang bisa membuat banyak para wisatawan merasa penasaran dan juga berniat untuk mengulik lokasi wisata misteri ini lebih dalam.

Suasana yang sedikit seram dan sedikit mistis bisa dirasakan ketika melihat bangunan Villa Isola ini. Wisata misteri Bumi Siliwangi yang sekarang ini dijadikan kantor Rektorat Kampus Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) ini. Meski sekarang ini di Jln Setiabudi sudah bermunculan banyak kawasan wisata kuliner Dago serta kawasan wisata belanja, tetap saja Villa Isola menjadi incaran bagi para pecinta dunia mistis.

Sejarah dan cerita mistis Villa Isola

Villa Isola ini pada masa pemerintahan kolonial Belanda, difungsikan sebagai villa. Dan pada masa itu Villa Isola ini dimiliki oleh ”Raja Media Cetak” yang merupakan keturunan Indonesia Belanda. Raja media cetak Dominique Willem Berretty pada saat itu yaitu di tahun 1930 an merupakan milyarder yang kaya raya dan sangat sukses. Tidak heran jika kehidupan dan juga gaya hidupnya sangat glamor dan juga mewah. Hal ini bisa terlihat dari Villa Isola yang cukup megah dan besar.

Yang membuat menarik adalah Villa Isola ini dibangun dengan megah dan di saat suasana ekonomi sedang sangat kritis yang terjadi bukan hanya di wilayah kependudukan Belanda saja. Namun krisis ekonomi global terjadi. Akan tetapi harta kekayaan dari Dominique Willem Berretty ini tidak terbatas. Bahkan Berretty mampu menggelontorkan dana hingga 250 milyar rupiah jika dikonversikan menggunakan rupiah pada masa sekarang. Berretty membayar dan menyewa Charles Prosper Wolff Schoemaker yang merupakan arsitek terkemuka pada saat itu.

Charles Prosper Wolff Schoemaker ini merupakan arsitek yang terlibat dan memiliki kontribusi dalam sejumlah bangunan gedung kolonial di semua Bandung. Hal ini terlihat dengan konsep dan gaya Art Deco yang terlihat di Villa Isola. Pada masa tersebut memang Eropa terutama Belanda sedang mengalami zaman keemasan yang memberikan andil sangat besar di dunia arsitektur.

Dan Charles Prosper Wolff Schoemaker sendiri mewujudkannya dalam bentuk desain bangunan villa Isola yang sangat unik dan juga berbeda dengan bangunan dari Eropa serta Hindia Belanda yang berada di sekitar Bandung. Bangunan khas Eropa sangat kental dan tidak ada ciri khas bangunan tropis.

Cerita di Villa Isola

Meski memiliki bentuk dan juga tampilan yang megah. Ternyata Villa Isola ini menjadi saksi bisu bagaimana kehidupan sang pemiliknya jauh dari kata nyaman. Ternyata kehidupan sang milyarder yaitu Dominique willem Berretty sendiri tidak nyaman. Kehidupan Berretty porak puranda dan juga keluarga yang kacau balau dan memiliki perilaku yang sangat menyimpang.

Dari cerita dan juga catatan sejarah sendiri Villa Isola ini setelah selesai dibangun, ternyata sang milyarger Berretty tidak sempat dan juga tidak terlalu lama hidup dan menikmati kemegahan villa yang letaknya berada di Jl. Setiabudi Dago Bandung ini.

Kehidupan dan juga gayanya yang mewah dan glamor memang menjadi salah satu penyebab dimulainya kehidupan Berretty yang hancur lebur. Menurut cerita sejarah, Dominique Willem Berretty mulai menemui banyak masalah dan juga mulai terjerat kasus yang berhubungan dengan pemerintah Belanda.

Dominique Willem Berretty sendiri memang pada masanya memiliki hubungan dan juga kedekatan khusus yang sangat erat dan juga istimewa dengan pemerintah Hindia Belanda. Bahkan media-media cetaknya menjadi alat propaganda yang sangat penting bagi pemerintahan Hindia Belanda pada masa tersebut.

Ternyata Barrety ini seperti agen mata-mata. Pasalnya ia juga memiliki cerita spesial dengan Jepang yang menjadi musuh dari Belanda dan juga NATO. Tentu saja sepak terjangnya ini membuat pemerintah Hindia Belanda yang kala itu menduduki Indonesia menjadi berang. Hal ini yang membuat Berretty akhirnya memilih untuk menyendiri dan tidak ingin bertemu dengan siapapun. Dan Villa Isola ini menjadi sebuah tempat dan juga rumah yang digunakan untuk berdiam diri oleh Berretty. Terdapat tulisan “M’ Isolo E Vivo” yang memiliki arti sebagai menyendiri untuk bertahan hidup.

Kasus dengan Hindia Belanda semakin menjadi. Setelah tertangkap tangan menjalin kerja sama dengan Jepang, Raja Media yang gemar berganti pasangan dan juga istri ini menjadi perhatian dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Bahkan sang Gubernur Jendral ini pernah memanggil dan memarahi perilaku menyimpang tersebut. Raja media Dominique Willem Barrety ini ternyata sering berganti-ganti pasangan yang merupakan anak wanitanya sendiri. Sebuah perilaku yang menjadi perhatian Hindia Belanda. Semua hal kontroversial dan juga tingkah laku serta polemik dan juga intrik membuat kehidupan dari Dominique Willem Berretty ini akhirnya tragis.

Misteri Villa Isola

Kisah awal yang menjadi cerita misteri di Villa Isola ini terjadi ketika sang raja media ini sedang berada di Belanda. Ketika itu Berretty diundang oleh sang istri guna merayakan peringatan Natal di Indonesia. Akan tetapi nasib berkata lain. Pesawat yang ditumpangi oleh Berretty harus jatuh di perbatasan Suriah.

Ada banyak cerita yang beredar. Dari sumber pemerintahan Hindia Belanda sendiri mengatakan bahwa pesawat terbang Berrety ini jatuh diakibatkan tersambar petir. Sementara kabar dari dunia inteligen lain mengatakan bahwa tentara Inggris yang menembak jatuh pesawat Berretty disebabkan kerja sama Berretty dengan pemerintahan Jepang yang bisa membahayakan Belanda dan juga sekutunya. Apalagi pada masa tersebut sedang berkecamuk Perang Dunia II.

Sayangnya fakta-fakta di atas hingga saat ini memang belum pernah dibuktikan. Sehingga masih banyak yang mengira-ngira peristiwa yang terjadi. Hal ini membuat kisah Berretty memang menjadi misterius.

Sementara Villa Isola sendiri memang masih diselimuti hawa mistis yang disebabkan bentuk dari bangunan dan juga peninggalan dari jaman Hindia Belanda yang memiliki bentuk sedikit misteri. Meski para wisatawan tidak boleh mengunjungi Villa Isola secara bebas dan harus mendapat ijin, setidaknya melihat bentuk eksterior yang cukup megah di Villa Isola sudah bisa merasakan bagaimana suasana yang mistis dan misterius terpancar di villa ini.

Referensi by: jejakpiknik.com

Wisnu Nugraha introduce my name is Wisnu Nugraha, I like traveling and writing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *