Wisnu Nugraha introduce my name is Wisnu Nugraha, I like traveling and writing

Riview Tempat Wisata Taman Matahari Puncak Bogor

9 min read

taman matahari bogor

Lokasi Menuju Taman Matahari : Jalan Raya Puncak KM.77, Cilember, Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat 16750, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: 35 ribu (Senin – Jumat), 45 ribu (Sabtu – Minggu)
Buka/Tutup: 08.00 – 16.00 (Senin – Jumat), 08.00 – 17.00 (Sabtu – Minggu)
Telepon: +62 251 8258505

Kawasan wisata alam yang memadukan wahana permainan dengan keindahan alam di sekitarnya memang sudah cukup terkenal sekarang ini. Mulai dari Dunia Fantasi hingga Dusun Bambu di Bandung memadukan dua aspek tersebut untuk memanjakan para wisatawan yang berlibur bersama keluarga. Tentu saja sudah ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba ketika berada di sini.

Salah satu kawasan wisata yang sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Taman Matahari atau Taman Wisata Matahari yang letaknya berada di Jalan Raya Puncak KM.77, Cilember, Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat 16750. Kawasan wisata ini mengusung tema Recreation and Education Park yang dilengkapi dengan aneka macam wahana permainan dan juga keindahan alam di sekeliling dari kawasan wisata ini. Ada berbagai macam wahana permainan yang siap memanjakan para wisatawan seperti wahana wisata air, wahana petualangan dan wahana permainan serta wisata kuliner dan belanja yang dilengkapi dengan wisata edukasi yang siap memberikan kepuasan.

Wahana Wisata Air di Taman Wisata Matahari

Di kawasan wisata Taman Wisata Matahari ini terdapat wahana wisata air yang tentu saja menyajikan aneka permainan yang berhubungan dengan air. Ada beberapa permainan yang menarik. Salah satunya adalah Matahari Waterpark. Wahana Matahari Waterpark ini menggunakan konsep “Learn And Play Waterpark” yang memiliki aneka macam atraksi-atraksi seru dan juga menegangkan sekaligus menyenangkan.

Wahana permainan air ini mempunyai aneka fasilitas seperti Twin Race Slide dan juga Spiral Slide yang siap memanjakan para wisatawan yang ingin berseluncur di area waterpark. Selain itu ada Tot”s Pool serta Kid”s pool yang bisa digunakan oleh para pengunjung anak-anak.

Yang seru lagi adalah area Wave pool yang siap membawa para pengunjung bermain dengan ombak. Tentu saja para wisatawan bisa merasakan gelombang ombak buatan yang cukup menyenangkan. Sementara di Spa pool juga sudah siap memanjakan para pengunjung dengan air yang sedikit lebih hangat. Bagi yang ingin bersantai, area Foodcourt dan Gazebo bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat di sini.

Selain Matahari Waterpark, di wahana permainan air ini para wisatawan juga bisa bermain Arung Jeram. Cukup membayar tiket sebesar 25 ribu per orang, para pengunjung sudah bisa merasakan sensasi bermain Arung Jeram dengan menelusuri aliran sungai buatan yang cukup deras. Tentu saja semua peralatan keselamatan sudah tersedia di sini. Rasakan sensasi menikmati petualangan tersebut.

Sementara wahana Water Ball siap memanjakan para wisatawan dengan menawarkan sensasi berjalan diatas air dengan berada di dalam sebuah bola. Bola ini bisa diisi kapasitas maksimal 3 orang. Untuk tiketnya sendiri sebesar 10 ribu untuk per orang. Dengan bola ini, para pengunjung bisa berjalan diatas air.

Untuk wahana Paddle Boat, para pengunjung akan diajak untuk bersepeda diatas air yang bisa diisi dengan kapasitas maksimal 3 orang. Wahana ini akan mengajak para pengunjung untuk berkeliling di sekitar danau dengan menggunakan Paddle Boat. Harga tiket untuk wahana ini sekitar 10 ribu untuk 1 orang saja.

Senada dengan Paddle Boat, wahana Perahu Karet ini akan mengajak para wisatawan atau pengunjung untuk mengelilingi danau. Senada dengan Paddle Boat, wahana ini juga bisa mengelilingi danau. Akan tetapi perahu ini bisa diisi hingga 6 sampai 10 orang. Tentu saja dengan beramai-ramai menjadi lebih menarik. Harga sewa untuk perahu ini sebesar 10 ribu untuk perahu kecil dan 15 ribu untuk perahu besar.

Wahana lain yang bisa mengajak para wisatawan berkeliling di sekitar danau adalah Perahu Motor. Wahana Perahu Motor ini bisa diisi hingga 8 orang. Untuk harga sewanya sebesar 10 ribu saja untuk per orang. Rasakan sensasi mengelilingi area danau tersebut dengan menggunakan perahu motor. Seolah sedang berada di laut.

Wahana Sepeda Air memberikan keasyikan tersendiri. Wahana ini menyajikan perahu yang memiliki bentuk hewan yang lucu. Mulai dari kuda laut, bebek hingga angsa yang siap memanjakan para pengunjung anak-anak. Hanya merogoh kocek 10 ribu per orang, para wisatawan bisa mencoba sepeda air ini.

Sementara wahana Bumper Boat menawarkan sesuatu yang berbeda. Wahana Bumper Boat ini menggunakan mesin motor tempel yang membawa para pengunjung berputar-putar di atas air. Dan wahana Bumper Boat ini bisa ditabrakkan ke Bumper Boat lain yang tentu saja tidak akan terlalu berbahaya. Harga sewa sekitar 10 ribu per orang

Bagi yang ingin bersantai, Refleksi Terapi Ikan bisa menjadi salah satu alternatif yang pas. Di wahana ini para wisatawan bisa merendamkan kaki untuk diterapi. Terapinya cukup unik. Kaki-kaki para pengunjung akan diterapi oleh ikan-ikan kecil yang menggoda. Cukup membayar 10 ribu untuk 30 menit.

Aneka Wahana Permainan di Taman Wisata Matahari

Selain wahana air, di Taman Wisata Matahari juga terdapat wahana permainan yang siap memanjakan si kecil yang gemar bermain-main. Ajak ke wahana Dinopark yang memiliki aneka permainan yang menyenangkan. Di sini para wisatawan bisa mengajak putra dan putri mereka untuk bermain perosotan dan juga panjat memanjat di area yang sudah tersedia. Tentu saja akan sangat menyenangkan.

Sementara wahana Citra Playland sendiri juga tidak kalah menarik. Di sini para wisatawan bisa mengajak si kecil untuk bermain kereta api mini dan juga starlit carousel atau komidi putar. Tentu saja hal ini bisa memanjakan para pengunjung anak-anak. Aneka permainan di sini sudah sangat komplit dan menyenangkan.

Wahana Trampolin Park menjadi salah satu wahana yang siap memanjakan si kecil. Di wahana ini para pengunjung bisa mengajak anak-anak mereka untuk bermain lompat-lompatan di trampolin. Ditambah lagi dengan adanya balok-balok di bagian tengah yang bisa digunakan untuk permainan.

Wahana lain yang bisa dicoba di sini adalah Wahana Fantasy. Di wahana ini para pengunjung bisa menaiki sebuah sepeda yang bergerak di jalur atau rel yang sudah disediakan. Untuk menggerakkan sepeda ini, para pengunjung harus mengayuhnya. Selama perjalanan para wisatawan bisa melihat pemandangan di sekitar Taman Wisata Matahari tersebut.

Mencoba Wahana Petualangan

Setelah puas bermain-main, tidak ada salahnya untuk mencoba wahana permainan yang lebih menantang. Di Taman Wisata Matahari ini sudah tersedia wahana petualangan yang menawarkan kegiatan yang sedikit ekstrim di area indoor dan juga outdoor. Salah satunya adalah Flying Fox.

Wahana ini dulu sempat menjadi penyebab Taman Wisata Matahari ini ditutup akibat ada seorang anak yang meninggal akibat jatuh. Sekarang ini wahana tersebut semakin diperketat. Para pengunjung akan berseluncur dari menara yang satu ke menara yang lainnya menggunakan sling baja yang bisa menahan berat hingga 10 ton. Rasakan sensasi meluncur dan juga melihat keindahan pemandangan di Taman Wisata Matahari ini.

Sementara wahana Padamoto ini siap memanjakan para wisatawan yang gemar berfoto atau selfie. Tentu saja untuk hadiah atau kenang-kenangan ketika liburan. Ada banyak latar belakang yang bisa dipilih oleh para wisatawan. Sedangkan wahan petualangan lain yang bisa dicoba adalah Motor ATV. Di sini para pengunjung bisa mencoba motor roda 4 dan siap menelusuri area atau jalur tanah dan becek. Tentu saja memberikan kesan tersendiri.

Bagi yang gemar cerita horor, Rumah Hantu bisa menjadi pilihan. Dari tampilan luar, wahana ini memang sudah sangat menyeramkan. Area Rumah Hantu ini menyajikan aneka hantu khas dari Indonesia yang siap mengagetkan dan menggoda para wisatawan. Rasakan sensasi dan juga keasyikannya.

Bagi yang ingin berkeliling di sekitar Taman Wisata Matahari ini, wahana Wara Wiri dan juga Kereta Safari bisa menjadi pilihan. Wahana Wara Wiri ini merupakan mobil dengan bentuk dinosaurus yang siap mengantarkan para wisatawan berkeliling taman wisata ini. Sementara Kereta Safari ini berbentuk kereta Thomas and Friends yang siap memanjakan para wisatawan anak-anak.

Wahana Edukasi di Taman Matahari

Selain permainan, ternyata Taman Wisata Matahari ini juga menyediakan aneka macam wahana permainan edukasi. Di sini para pengunjung akan diberikan informasi dan pengetahuan di masing-masing wahana yang tentu saja sangat penting untuk kehidupan. Terutama bagi para anak-anak.

Salah satunya adalah wahana Agro Sawah. Di wahana ini para wisatawan akan diajak untuk bercocok tanam terutama menanam padi atau tanaman lain di sawah. Di wahana ini bahkan para wisatawan bisa belajar langsung dengan terjun ke sawah yang berada di sekitar area wahana. Rasakan sensasi ketika hendak menanam padi di sekitar kubangan lumpur. Tidak perlu khawatir, pasalnya semua peralatan sudah tersedia.

Sementara wahana lain yang bisa dicoba adalah wahana Agro Sayur. Sama halnya dengan Agro Sawah, di wahana ini para wisatawan bisa mendapatkan informasi dan edukasi mengenai cara menanam sayuran yang biasa dimakan oleh manusia. Informasi bagaimana cara menanam hingga memupuk disajikan secara lengkap.

Wisata kuliner di Taman Wisata Matahari

Setelah lelah berpetualang dan juga menikmati aneka permainan di sini, tentu saja beristirahat dengan menikmati hidangan makanan bisa menjadi salah satu hal yang pas. Bagi yang gemar dengan makanan Sunda bisa mengunjungi Sunda Express yang lezat. Sementara area Food Court Matahari memberikan aneka jenis kuliner yang bisa dipilih oleh para pengunjung.

Sementara Super Cafe memberikan menu khas cafe yang pas untuk anak muda. Sedangkan Cafe Goa dan Balkony Cafe menawarkan sesuatu yang berbeda. Cafe Goa menawarkan suasana seperti di gua. Lengkap dengan batu-batu replika. Sementara Balkony Cafe berada di atas balkon dengan menawarkan suasana di sekitar Taman Wisata Matahari.

Fasilitas di Taman Wisata Matahari

Selain wahana permainan, ada beberapa fasilitas yang bisa didapatkan di kawasan wisata ini. Salah satunya adalah penginapan. Ada beberapa hotel dan juga vila yang menawarkan fasilitas lengkap kepada para pengunjung agar betah berada di sekitar Taman Wisata Matahari tersebut.

Selain penginapan, Taman Wisata Matahari ini juga menawarkan aneka fasilitas lain. Salah satunya adalah lapangan yang bisa digunakan untuk acara gathering perusahaan dan juga acara tertentu yang bisa menampung hingga 200 sampai 3000 orang. Ada beberapa tipe lapangan yang bisa dipilih.

Lapangan Ciliwung merupakan lapangan dengan kapasitas yang cukup luas dan bisa menampung hingga 3000 orang. Tentu saja lapangan ini bisa digunakan untuk Employee Training, Family Gathering dan juga acara lainnya. Keuntungannya adalah pemandangan dari pegunungan dan juga aliran sungai Ciliwung yang membuat lapangan ini lebih menarik.

Sementara lapangan Durian menjadi salah satu fasilitas yang bisa dipilih. Lapangan ini bisa menampung sekitar 1000 orang. Dan biasanya digunakan untuk acara gathering. Lalu lapangan Manggis juga bisa dipilih yang dilengkapi dengan adanya kanopi dan juga tempat duduk. Lapangan ini bisa digunakan untuk 1000 orang. Bagi yang ingin menyewa lapangan untuk kapasitas orang yang sedikit atau kecil, lapangan Cherry bisa dipilih. Lapangan ini bisa menampung sekitar 200 orang saja.

Fasilitas Saung di Taman Wisata Matahari

Selain lapangan, di Taman Matahari ini juga tersedia Saung yang bervariasi yang bisa disewa untuk para pengunjung yang ingin beristirahat bersama keluarga. Salah satunya adalah Saung Agro yang letaknya berada di dekat wahana Agro Sawah. Suasana pedesaan dengan suara air sungai Ciliwung ini menjadi daya tarik tersendiri. Dengan kapasitas sekitar 30 orang, tentu saja saung ini bisa menjadi pilihan. Suasana pedesaan dan pemandangan hijau menjadi daya tarik.

Sementara Saung Cilember bisa menjadi salah satu pilihan yang pas. Di sini para pengunjung bisa menikmati segarnya udara pegunungan yang masih asri dan juga alami. Saung ini bisa digunakan untuk menampung sekitar 40 orang. Sedangkan untuk Saung Bambu Kuning bisa menampung hingga 80 orang. Biasanya saung ini untuk acara grup atau perusahaan yang hendak mengadakan gathering atau pesta.

Saung lain yang bisa dipilih adalha Saung Jogjogan yang menyajikan sungai kecil yang mengalir dengan ditambah pepohonan rindang yang menawan. Sementara Saung Kemang Gede juga bisa digunakan untuk keluarga yang bisa menampung hingga 30 orang. Saung dengan kapasitas yang kecil juga bisa ditemukan di Saung Palm. Saung ini bisa menampung sekitar 20 orang. Sedangkan Saung Manado biasanya digunakan untuk gathering yang dekat dengan pasar murah dan juga terminal mobil safari di Taman Wisata ini.

Aula di Taman Wisata Matahari

Selain saung ternyata kawasan wisata Taman Wisata Matahari ini juga menyediakan aneka macam aula yang bisa dipilih untuk acara tertentu. Dan aula-aula ini juga menjadi wahana edukasi dengan menampilkan rumah adat khas Indonesia seperti halnya Taman Mini Indonesia Indah.

Aula Padang menawarkan rumah adat khas Minang yang sangat kental. Aula ini bisa digunakan untuk acara arisan dan acara-acara lainnya dengan kapasitas tidak lebih dari 160 orang. Sementara Aula Ciliwung yang letaknya berdekatan dengan Villa Ciliwung ini lebih mengedepankan bentuk modern.

Sementara Aula Pendopo lebih memiliki bentuk penginapan seperti barak yang memiliki 3 lantai. Biasanya digunakan untuk acara-acara atau penginapan bagi karyawan gathering perusahaan. Dan kapasitasnya bisa mencapai 500 orang.

Fasilitas Umum di Taman Wisata Matahari

Kawasan wisata Taman Wisata Matahari ini sudah menyediakan aneka fasilitas umum yang tentu saja sangat komplit dan juga memadai. Mulai dari Mushola yang sangat besar hingga menampung sekitar 100 orang dan juga toilet yang tersebar di sekitar kawasan wisata ini. Ditambah lagi sangat bersih. Sementara untuk keperluang keuangan, ATM juga bisa ditemukan di sekitar kawasan wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Matahari

Untuk harga tiket masuk Taman Wisata Matahari ini di setiap hari Senin hingga Jumat dikenakan biaya sebesar 35 ribu per orang. Dan sudah mendapatkan fasilitas gratis 5 Permainan dan juga diskon 10 % untuk restoran Sunda Express. Sementara untuk hari Sabtu – Minggu dan juga Musim Liburan atau Libur Nasional ini dikenakan biaya sebesar 45 ribu per orang dan sudah termasuk gratis 5 Permainan serta diskon 10% Resto Sunda express. Bagi anak-anak diatas tinggi 80 cm sudah dikenakan biaya

Sementara untuk jam operasional dari kawasan wisata Taman Wisata Matahari ini dibuka pada pukul 8 pagi hingga 4 sore setiap Senin hingga Jumat. Untuk hari Sabtu dan Minggu, Taman Wisata ini dibuka pada pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Rute menuju ke Taman Wisata Matahari

Untuk menuju ke kawasan wisata Taman Matahari ini ada banyak rute yang bisa digunakan. Jika berangkan dari Cawang Jakarta menuju ke kawasan wisata Taman Wisata Matahari ini bisa melalui Jalan Mayjend. Sutoyo. Setelah itu ambil akses menuju ke tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Gadok Puncak. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah jalan raya Cisarua dan bisa menemukan lokasi Taman Wisata Matahari.

Sementara jika berangkat dari Cempaka Putih menuju ke kawasan Taman Wisata Matahari ini para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Ahmad Yani. Setelah itu masuk ke jalan tol Cempaka Putih atau tol dalam kota dan bergerak menuju ke interchange Cawang. Setelah itu dilanjutkan menuju ke tol Jagorawi dan keluar di Gadok Puncak.

Bagi yang bergerak atau berangkat dari tol Grogol Jakarta, Bisa langsung mengambil akses menuju ke Jalan S. Parman dan masuk ke gerbang tol dalam kota. Dan ambil akses jalan tol yang menuju ke arah interchange Cawang. Setelah itu dilanjutkan masuk ke arah tol Jagorawi dan keluar di tol Gadok Puncak. Perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Puncak dan melalui Jalan Raya Cisarua yang bisa menuju ke Taman Wisata Matahari.

Bagi yang berangkat dari Bandung, perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Gerbang tol Pastuer yang mengarah ke tol Purbaleunyi atau Cipularang. Setelah itu keluar di Padalarang dan dilanjutkan dengan menuju ke Cipatat, Rajamandala, Ciranjang dan juga Cianjur. Lalu mengarah ke Cugenang, Cipanas, Puncak dan terakhir ke Taman Wisata.

Sementara bagi yang menggunakan transportasi umum, ada 2 jenis transportasi yang bisa dipilih. Yaitu kereta dan bus. Jika memakai kereta api, para wisatawan bisa turun di stasiun Bogor dan memilih angkot nomor  03 yang mengarah ke terminal Baranang Siang. Dari sini bisa memilih angkutan kendaraan L300 menuju ke puncak. Tarif angkot ini sebesar 15 ribu hingga 20 ribu. Kemudian bisa turun di depan Taman Wisata Matahari.

Sedangkan bagi para wisatawan yang ingin menuju ke kawasan wisata ini menggunakan motor, bisa melalui jalur akses Jalan Raya Bogor yang berangkat dari arah Kramat Jati Jakarta. Cukup mengikuti jalur melalui Cibinong, Kedung Halang, Bogor dan juga Tajur. Setelah itu dilanjutkan menuju ke jalan Raya Cisarua.

Ada cara yang cukup efektif menuju ke kawasan wisata Taman Matahari ini agar tidak terkena macet. Sebaiknya untuk memperhatikan sistem buka tutup yang biasanya digunakan pada akhir pekan dan juga musim liburan panjang. Tentu saja hal ini bisa menghindari kemacetan panjang yang terjadi akibat buka tutup ini.

Dari pengamatan yang sering dilakukan, jalur buka – tutup akses ini biasanya dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu dan pada pukul 09.00 – 10.30. Dan hanya kendaraan yang menuju ke arah Puncak saja yang boleh lewat. Sementara kendaraan dari arah Puncak ke Jakarta ini harus menggunakan jalur alternatif. Dan baru dibuka pada pukul 10.31. Disarankan untuk kembali dari taman ini pada sore hari pada pukul 15.00 – 17.00. Pasalnya kendaraan dari Puncak menuju Jakarta diperbolehkan untuk turun.

Sementara untuk hari Minggu juga diperlakukan hal yang sama. Akan tetapi pada sore hari diberlakukan sistem buka tutup pada pukul 15.00 hingga 18.00.

Referensi by: jejakpiknik.com

Wisnu Nugraha introduce my name is Wisnu Nugraha, I like traveling and writing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *