Wisnu Nugraha introduce my name is Wisnu Nugraha, I like traveling and writing

Review Tempat Wisata Pulau Umang Resort Banten Ujung Kulon Terbaru 2019

6 min read

pulau umang

Keeksotisan pulau umang Banten tidak terbantahkan. Meski hanya memiliki wilayah seluas 9.160 km2, namun setiap sudutnya dihiasi dengan panorama alam yang menakjubkan. Usia Banten yang sudah tua dan menjadi bagian dari sejarah panjang negeri ini membuat Banten juga kaya dengan adat istiadat dan budaya yang disana-sini diwarnai dengan kisah-kisah misteri serta berbagai mitos yang masih dipercaya oleh sebagian kelompok masyarakat.

Berbagai unsur yang saling melengkapi tersebut ditambah dengan perhatian serius dari pemerintah serta pemahaman masyarakat yang tinggi tentang sadar wisata, membuat Banten semakin memiliki daya saing untuk berkompetisi dengan Bali, Jogja dan Lombok dalam meraih perhatian dari para wisatawan utamanya wisatawan mancanegara.

Bahkan, tanpa diminta mereka yang pernah mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Banten membuat peringkat sendiri: objek wisata mana yang layak disebut destinasi terbaik di Banten. Akhirnya, tanpa diketahui ujung pangkalnya dan siapa yang mempopulerkan, muncul istilah 7 Wonders of Banten atau 7 Keajaiban Banten.

Ketujuh tempat wisata yang menduduki peringkat teratas sebagai destinasi wisata terbaik di Banten hingga tahun 2019 tersebut adalah: Suku Baduy, Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Krakatau, Banten Lama, Pulau Sangiang, Rawadano dan terakhir adalah yang akan kita review dalam tulisan berikut ini, yaitu Pulau Umang. Jangan salah, Pulau Umang yang dumaksud di sini bukan Pulau Umang-umang yang ada di Lampung, melainkan Pulau Umang yang dimiliki Provinsi Banten.

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Umang

Jika melihat gambar peta atau membuka google map, alamat atau lokasi Pulau Umang berdasarkan data administratifnya berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, 42284. Jaraknya dari Jakarta sekitar 183 km yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 – 6 jam.

Ada dua rute yang dapat ditempuh jika start point diawali dari Jakarta, pertama dengan melewati Tol Kebun Jeruk menuju ke arah Merak dan keluar lewat pintu Tol Serang Timur Km.71. Kendaraan selanjutnya diarahkan menuju ke Pandeglang hingga tiba di Labuan. Sesampai di Labuan, lanjutkan perjalanan dengan melewati Taragong, Citeurup, Cigeulis, dan terus ke Cibaliung dan Cimanggu hingga memasuki wilayah Kecamatan Sumur. Sesampai di Sumur akses transportasi berganti dengan menggunakan speedboat untuk menuju ke Pulau Umang dengan waktu tempuh hanya sekitar 5 – 8 menit, karena letak Pulau Umang memang cukup dekat dan merupakan bagian dari wilayah administratif Kecamatan Sumur.

Denah untuk rute yang kedua masih tetap dengan melewati Tol Kebun Jeruk – Merak namun keluar lewat Cilegon Barat. Selanjutnya ikuti jalan yang melewati Pantai Anyer menuju ke Carita hingga tiba di Taragong. Sesampai di Taragong rutenya sama persis dengan perjalanan yang ditempuh pada rute pertama.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, perjalanan dapat diawali dari Terminal Kalideres dan menumpang bus jurusan Labuan dengan ongkos sekitar Rp.50.000 yang ditempuh selama kurang lebih 4 jam. Sesampai di Terminal Labuan, Anda harus berganti bus yang menuju ke Sumur dengan ongkos sebesar Rp.30.000. Perjalanan yang memakan waktu sekitar 2 jam tersebut akan melewati Taman Nasional Ujung Kulon dengan jalan yang berliku-liku.

Perjalanan dengan menggunakan angkutan umum ini tentunya paling pas buat para backpacker, karena selain biaya lebih murah, ada nuansa petualangan selama dalam perjalanan.

Cara Pergi ke Pulau Umang

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk pergi ke Pulau Umang, baik menempuh perjalanan sendiri atau bersama rombongan, namun segalanya diatur oleh diri sendiri atau rombongan. Cara ini cocok untuk para backpacker dengan budget yang terbatas atau mereka yang memahami benar situasi di Pulau Umang dan bagaimana cara untuk bisa menikmati pulau yang luasnya hanya sekitar 5 hektar tersebut. Jika cara ini yang dilakukan, maka sekitar 1 km dari Pantai Sumur Anda akan ditarik retribusi sebesar Rp.100.000 perorang untuk harga tiket masuk dan ongkos penyeberangan dengan menggunakan speedboat.

Cara yang kedua adalah dengan membeli paket wisata bersama rombongan atau open trip yang ditawarkan jasa Tour & Travel. Jika membeli paket wisata open trip ini, meskipun Anda daftar sendiri, namun nantinya akan berangkat bersama beberapa peserta lain. Dengan mengikuti open trip, Anda bisa menambah teman baru yang kemungkinan besar juga memiliki hobby yang sama yaitu travelling. Keuntungan lainnya, biaya yang harus Anda keluarkan menjadi lebih murah, bahkan selisihnya tidak terlalu jauh dari para backpacker, sementara fasilitas yang Anda peroleh lebih istimewa dibandingkan backpacker.

Keuntungan lain dengan membeli paket wisata atau open trip, Anda tidak perlu direpotkan dengan berbagai urusan yang menyangkut transportasi, pembelian tiket masuk dan penyeberangan, penginapan serta yang lain. Tugas Anda hanya satu yaitu menikmati liburan dan bersenang-senang di Pulau Umang.

Ada beberapa jenis paket wisata yang ditawarkan jasa Tour & Travel yang dapat disesuaikan dengan budget yang ada, seperti One Day Trip, One Day Trip and Survey, 2 Day 1 Night, 3 Day 2 Night, dan  3 Day 2 Night Amazing Honeymoon. Paket wisata yang ditawarkan tersebut tentu saja tidak hanya berbeda dari sisi nama dan durasi waktu, tapi juga dari sisi harga dan fasilitas yang dinikmati wisatawan.

Salah satu contoh untuk paket wisata honeymoon yang pas bagi pasangan yang sedang menikmati bulan madu, meskipun dengan biaya yang lebih mahal dengan kisaran harga  Rp.5.300.000 untuk 3 hari 2 malam, namun fasilitas yang didapatkan lebih istimewa dibanding paket wisata yang lain.

Dengan harga tersebut kamar honeymoon disetting lebih mewah dibanding kamar yang lain, dilengkapi aroma teraphy untuk menciptakan nuansa lembut, romantis dan menenangkan, Anda dan pasangan akan disambut Welcome Flowers di ruangan, serta fasilitas lainnya yang tidak terdapat pada paket wisata yang lain.

Daya Pesona Pulau Umang

Pengelolaan Pulau Umang yang dilakukan secara profesional oleh pihak swasta, menjadikan pesona dari pulau seluas 5 hektar ini menjadi semakin terpancar. Mengusung konsep “Living and Nature” pulau ini menjelma menjadi resort and spa yang ideal dan bakal memanjakan diri Anda dengan segudang keindahan dan setumnpuk aktifitas menarik yang disuguhkan.

Keindahan Pulau Umang sudah dapat dinikmati sebelum speedboat yang Anda tumpangi tiba di dermaga. Di kejauhan akan tampak bangunan cottage yang megah dan menjadi ikon dari pulau ini dengan bentuk menyerupai cangkang Umang. Karena nama Umang yang menjadi identitas dari pulau ini memang diambil dari kata Umang-umang yaitu nama binatang laut bercangkang yang oleh orang Jawa disebut Kecomang.

Begitu menginjakkan kaki di pasir pantai Pulau Umang, kekaguman Anda akan semakin bertambah akan kecantikan pulau ini, karena pasirnya yang lembut berwarna putih bersih berpadu serasi dengan lautnya yang jernih dengan warna kebiru-biruan serta ombaknya yang lembut menyapu pesisir. Gazebo-gazebo yang didirikan di pinggir pantai ikut melengkapi keindahan tersebut, begitu juga dengan rindangnya pohon yang tumbuh di berbagai sudut pulau.

Keindahan tersebut mencapai kesempurnaannya pada pagi dan sore hari, karena saat matahari terbit dan menjelang sang surya pulang ke peraduan, lukisan alam yang bernama sunrise dan sunset mengguratkan goresan yang sangat menawan di kanvas alam Pulau Umang.

Tidak hanya di kawasan pantai saja pesona keindahan dapat dinikmati, tapi juga saat berada di dalam area resort. Karena bangunan yang menghiasai pulau ini mengusung konsep back to nature baik desain eksterior maupun interiornya. Penataan setiap ruang yang ada dilakukan dengan begitu detail guna memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang menginap.

Hal tersebut dapat dilihat dari keberadaan 60 kamar hotel yang ada di sini, yang semuanya ditempatkan di tepi pantai. Separuh berada di sunrise area dan separuhnya lagi berada di sunset area, sehingga dimanapun tamu menginap akan dapat menikmati keindahan sang surya. Selain 60 kamar yang ada, masih terdapat 23 spot detail, seperti jatty atau pelabuhan, kids pool, sunrise mine pool, sunrise beach club, sunrise lobby louge, sunrise banquet hall, sunrise cafe, serta yang lain.

Fasilitas di Pulau Umang

Sebagai resort sekaligus kawasan wisata eksklusif yang dikelola dengan profesional, fasilitas apapun yang dibutuhkan wisatawan tersedia di sini bahkan dengan standard di atas rata-rata. Untuk penginapan misalnya, Pulau Umang menyiap 60 kamar hotel berbintang tiga bergaya tropis yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kamar mandi pribadi, TV, AC, almari es serta yang lain.

Terdapat pula suite room dengan lantai dengan lantai dari papan kayu yang dipoles sehingga menghadirkan gaya alami. Sementara ruang tamunya dibuat bergaya terbuka dengan teras menghadap kebun mint berlatar belakang pemandangan laut. Di dalam lokasi resort juga tersedia resto dengan menu spesial Ikan Kakap Merah dan kerapu, Cafe yang selalu dihiasi lantunan irama musik yang lembut, Lobby Lounge, Spa, Beach Club, Swimming Pool, Jacuzy, Table Tennis, Sunrise Dome, Kids Club, Banquet Hall, Meeting Room, Karaoke Room, Drugstore, Driver Rooms, Pool Table, Traditional Massage, Garden Beach, Board Room, Mushollah  serta toko souvenir yang menjual berbagai macam pernak-pernik seperti kaos yang bertuliskan Pulau Umang.

Diluar area penginapan, selain dermaga juga terdapat gazebo-gazebo di tepi pantai untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan laut pada siang hari atau menikmati santap malam yang romantis di tepi pantai. Bagi yang hobby memancing, tersedia lokasi pemancingan di dekat dermaga yang dipenuhi banyak ikan serta Fishing Boat untuk mereka yang ingin memancing di tengah laut.

Untuk yang ingin bersenang-senang dengan air laut, tersedia canoe yang dapat disewa seharga Rp.150.000 per 30 menit, Jet Ski, Banana Boat dan Donut Boat dengan ongkos sewa Rp.250.000 per 12 menit, serta peralatan snorkeling yang dapat disewa seharga Rp.85.000 perjam.

Bagi tamu yang datang dengan membawa anak-anak, Pulau Umang telah menyiapkan beberapa sarana permainan anak, seperti kids pool untuk berenang, trombolin, ayunan, Volley Beach, taman bermain dengan tema outbond serta camping ground jika ingin mendirikan tenda di tepi pantai.

Aktifitas di Pulau Umang

Dengan tersedianya fasilitas yang representatif, keindahan alam yang melingkupi Pulau Umang dapat tereksploitir dengan maksimal, sehingga setiap sudutnya tidak saja dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas, tapi aktifitas tersebut juga memberi kesenangan sebagaimana  harapan dari wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Bagi wisatawan yang datang bersama keluarga, hamparan pasir putih yang lembut dan bersih menjadi arena yang menarik untuk bermain pasir, volley pantai, atau hanya sekedar berjalan-jalan untuk menikmati keindahan alam. Sementara air lautnya yang jernih dengan ombak yang tenang selalu mengundang untuk dipakai berenang.

Bagi mereka yang lebih suka berenang di air tawar, pengelola resort ini juga telah menyediakan swimming pool dan kids pool yang berada tidak jauh dari area pantai, sehingga pada saat berenang di kolam, mata akan dimanjakan dengan pemandangan pantai dan lautnya.

Untuk wisatawan yang datang bersama keluarga, selain kids pool tersedia pula berbagai macam fun games untuk putra-putri mereka, arena permainan anak seperti trombolin dan ayunan, outbond dan camping area, serta yang lain. Nikmati pula kebersamaan bersama keluarga dengan memacu Jet Ski, Banana Boat, Donut Boat atau mendayung Cano.

Aktifitas yang bersentuhan dengan hobby pun dapat tersalurkan lewat karaoke room untuk yang suka menyanyi, table tennis untuk yang gemar bermain tenin meja, dan untuk yang hobby memancing terdapat spot yang dipenuhi oleh ikan di dekat dermaga serta fishing boat jika ingin memancing di tengah laut.

Snorkeling adalah salah satu aktifitas yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Umang, karena itu pihak pengelola menyiapkan peralatan snorkeling untuk disewa seharga Rp.80.000 perorang untuk setiap jamnya.

Untuk dapat melakukan snorkeling, pengunjung akan dibawa ke Pulau Oar yang lokasinya cukup dekat dengan Pulau Umang dengan jarak tempuh sekitar 10 menit. Pengunjung akan terlebih dahulu dibawa ke dermaga kemudian menyeberang dengan boat yang memiliki daya tampung maksimal 10 orang.

Sesampai di Pulau Oar, hamparan pasir putih bersih dan landai akan menyambut. Di pulau inilah pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling sebelum mulai menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut yang memukau berhias terumbu karang yang terpelihara dengan baik. Diantara terumbu karang itulah berbagai jenis ikan, seperti Wrasse, Butterfly Fish, Belang-belang dan jenis ikan yang lain serta berbagai jenis habitat laut bermain di sela-sela terumbu karang.

Aktifitas lain yang tidak boleh terlupakan tentu saja berburu spot-spot indah dengan menjelajah seluruh kawasan Pulau Umang.  Dengan kesempurnaan alam yang dimiliki dan penataan yang sangat baik membuat membuat memory kamera atau ponsel Anda bakal penuh dengan dokumentasi selama berkunjung ke Pulau Umang, karena kemanapun kaki melangkah dan dimana saja mata diarahkan, yang tersaji adalah pemandangan yang indah dan menarik untuk diabadikan dalam bingkai foto.

Referensi by: jejakpiknik.com

Wisnu Nugraha introduce my name is Wisnu Nugraha, I like traveling and writing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *