Wisnu Nugraha introduce my name is Wisnu Nugraha, I like traveling and writing

Review Tempat Wisata Floating Market Lembang Bandung

8 min read

floating market lembang

Lokasi menuju Floating Market Lembang: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: 15.000 / orang
Buka/Tutup: 09.00 – 17.00 (Senin – Jumat), 09.00 – 22.00 (Sabtu – Minggu)
Telepon: +62 22 2787766

Bandung menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan terutama domestik untuk menghabiskan waktu liburan mereka di sini. Terutama jika libur panjang atau long weekend. Ibukota Jawa Barat ini memiliki aneka ragam kawasan wisata yang siap memanjakan para turis. Salah satu daerah yang menyajikan aneka ragam kawasan wisata alam yang menarik adalah Lembang.

Lembang sangat identik dengan kawasan wisata alam yang mengedepankan nuansa pegunungan yang menyajikan pemandangan dan panorama indah dan juga menawan. Tentu saja kawasan wisata ini juga menyajikan udara serta cuaca yang sangat segar dan juga sejuk. Hal ini membuat Lembang menjadi salah satu destinasi wisata yang kerap dilirik oleh wisatawan domestik terutama yang tinggal di dekat Bandung seperti Jakarta, Bogor hingga Sukabumi untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Salah satu kawasan atau tempat wisata yang cukup terkenal di Lembang bandung dan sudah menjadi primadona di kalangan para wisatawan adalah Floating Market. Kawasan wisata alam ini menawarkan sesuatu yang berbeda jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata yang ada di Bandung terutama Lembang. Konsep ini yang membuat Floating Market menjadi pujaan bagi para wisatawan terutama muda-mudi dan penggemar kuliner.

Mengenal Tempat Wisata Floating Market

Floating Market Lembang
gambar by: traveloka.com

Kawasan wisata alam Floating Market Lembang ini memberikan konsep wisata yang sangat unik. Yaitu menggabungkan perpaduan antara alam Lembang yang asri dan juga mempesona dan juga pasar apung tradisional yang sudah populer di Bangkok, Thailan dan juga Sungai Kuin di Banjarmasin serta di Langkat Sumatra Utara. Para wisatawan bisa menikmati sensasi belanja dan juga mencoba aneka kuliner diatas perahu yang terapung di danau sekitar Floating Market ini.

Para wisatawan bisa membeli aneka macam makanan tradisional khas Sunda dan juga Jawa Barat serta aneka macam sayur mayur hingga ikan segar dan cemilan lainnya di sekitar danau di Floating Market tersebut. Tentu saja menikmati aneka kuliner sembari melihat keindahan danau dan panorama di sekitar Floating Market bisa menjadi salah satu keunikan tersendiri.

Kawasan wisata Floating Market Lembang ini juga menyediakan fasilitas lain yang mengasyikkan. Di sini para wisatawan bisa mencoba aneka wahan permainan yang sangat komplit. Di sini tersedia wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa seperti perahu air, kereta air dan juga area outbond yang bisa memanjakan adrenalin dengan bermain di alam bebas. Wahana permainan ini semakin menyempurnakan kawasan wisata kuliner yang indah. Di kawasan wisata Floating Market Lembang ini juga terdapat miniatur kereta api yang menjadi salah satu suvenir dan juga buah tangan bagi para wisatawan untuk kerabat mereka. Miniatur kereta ini merupakan miniatur wahana permainan kereta yang ada di Floating Market tersebut.

Fasilitas di kawasan wisata Floating Market

Floating Market Lembang
gambar by: wisatajabar.com

Kawasan wisata Floating Market Lembang ini menjadi salah satu destinasi incaran para wisatawan. Tentu saja untuk membuat para wisatawan lebih betah berada di sini, pengelola Floating Market sudah menyiapkan aneka fasilitas yang siap memudahkan para wisatawan.

Mushola menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh pengelola Floating Market. Pihak dari kawasan wisata menyediakan sarana ibadah atau musholla sehingga bagi para wisatawan muslim tidak kesulitan jika waktu sholat tiba. Ketika para wisatawan berkunjung ke Floating Market tentu saja tidak perlu lagi merasa khawatir ketika waktu sholat tiba. Pasalnya musholla sudah tersedia. Bahkan musholla yang disediakan sangat bersih dan juga rapi. Ditambah lagi musholla bagi pria dan wanita dipisah sehingga tetap nyaman.

Kawasan wisata Floating Market ini selain tempat kuliner yang berada di pasar apung, juga memiliki fasilitas tempat kuliner yang menawarkan konsep suasana pesawahan dan juga resto yang menyajikan aneka kuliner khas Indonesia dan juga Asia. Selain itu menu kuliner khas Eropa juga tersedia di sini. Hal ini bisa menambah daya tarik bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke kawasan wisata ini.

Floating Market juga menyediakan area foto yang bisa digunakan oleh para pengunjung di sini. Pada dasarnya banyak para wisatawan yang berfoto ria atau selfie di sekitar kawasan wisata Floating Market Lembang ini. Banyak spot menarik yang bisa dipilih sesuai selera. Seperti di area danau dan di tepinya lalu di pasar apung hingga area permainan anak. Salah satu spot yang menjadi tempat favorit bagi para wisatawan untuk mengabadikan momen liburan mereka adalah area the Rock. Area ini memiliki susunan bebatuan yang cukup indah dan juga menarik sehingga membentuk taman. Di sini para wisatawan bisa berfoto dan juga mengabadikan momen mereka kala berlibur di Floating Market.

Untuk para wisatawan yang berlibur bersama anak-anak, Floating Market sudah menyediakan area untuk anak-anak bermain dengan bebas. Di sini anak-anak bisa bermain dengan senang dan juga bergembira sembari menunggu para orang tua menikmati kuliner dan wisata di Floating Market ini. Apalagi ada banyak wahana permainan yang menarik seperti Taman Miniatur Kereta api, Pancing Magnet, Kereta Api mini hingga Kampung Leuit dan area fauna.

Floating Market berada di lahan yang cukup luas puluhan hektar. Tentu saja dengan area yang sangat luas itu membuat para wisatawan bisa berkeliling untuk melihat keindahan dan kemegahan Floating Market. Di sini sudah tersedia jalur atau track yang bisa digunakan oleh para wisatawan guna menikmati keindahan Floating Market.

Para wisatawan bisa mengelilingi Floating Market dengan cara berjalan kaki dengan menelusuri jalur atau track yang sudah sangat bagus dan dijamin tidak akan membuat para pengunjung akan mengalami kesulitan.

Sisi menarik dari Floating Market

Floating Market Lembang
gambar by: travelingyuk.com

Kawasan wisata Floating Market ini berada di wilayah Bandung sebelah Utara. Dan di area ini memang cukup identik dengan kawasan wisata yang menawarkan keindahan alam pegunungan dan juga panorama dataran tinggi yang mempesona. Tentu saja menjadi salah satu faktor unik. Floating Market menjadi salah satu kawasan wisata alam yang dimiliki oleh Lembang.

Dan Floating Market ini menjadi salah satu alasan dan juga daya tarik tersendiri bagi para wisatawan atau turis terutama para pelancong yang berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta. Jarak yang dekat antara Bandung – Jakarta dan juga kemudahan akses menjadi salah satu peran penting kawasan wisata di Lembang terutama Floating Market kebanjiran pengunjung.

Bukan hanya daya tarik keindahan wisata alam saja yang dimiliki oleh Lembang dan juga Floating Market. Kombinasi antara kawasan wisata alam, kuliner, belanja dan juga taman bermain menjadi salah satu daya tarik dari kawasan wisata alam ini. Ditambah lagi sekarang ini sudah banyak kawasan wisata yang menyajikan keindahan alam di sekitar Lembang. Dan Floating Market mencoba hal yang berbeda.

Ada beberapa aspek dan juga sisi menarik yang dimiliki oleh kawasan wisata Floating Market tersebut. Kawasan wisata Floating Market ini menyajikan konsep yang berbeda. Hal ini tentu saja menjadi salah satu daya tarik utama dari kawasan wisata Floating Market ini. Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa Floating Market mencoba mengkombinasikan beberapa konsep untuk memanjakan para pengunjung yang berlibur ke sini.

Floating Market di Lembang ini menghadirkan sesuatu yang baru. Di kawasan wisata terpadu ini mencoba untuk menggabungkan dan juga memamerkan pesona alam khas pegunungan di Lembang yang sangat eksotis dengan pasar apung yang dibuat di sekitar kawasan wisata Floating Market.

Kawasan wisata ini mencoba untuk menampilkan pasar apung layaknya di Bangkok, Thailand dan juga Vietnam yang sudah cukup populer. Di sini pasar apung yang sudah dibuat cukup menarik dengan tambahan beberapa wahana permainan yang cukup menyenangkan. Jika berbicara mengenai pasar apung, Floating Market juga mencoba untuk menyaingi pasar apung tradisional yang sudah ada di Indonesia. Di Banjarmasin terdapat pasar terapung yang ada di sungai Kuin. Sementara di Sumatra Utara juga sudah tersedia pasar apung di daerah Langkat.

Perbedaan yang terjadi di kawasan wisata Floating Market Lembang Bandung dengan pasar terapung di beberapa kota di Indonesia ini adalah pasar terapung di Lembang ini tidak berdiri di sungai seperti di Banjarmasin dan Langkat. Melainkan berada di sebuah danau buatan yang menggabungkan konsep wisata alam.

Para wisatawan atau pengunjung yang berlibur ke sini tentu saja bisa merasakan sensasi berlibur serta berbelanja dan membeli aneka kuliner serta jajanan nusantara dan juga sayur mayur, ikan segar hingga aneka cemilan tradisionil yang dijual diatas perahu.

Tentu saja Floating Market ingin memberikan konsep liburan yang berbeda. Dan tentu saja para wisatawan tidak perlu jauh-jauh terbang ke Vietnam dan juga Thailand hanya untuk menikmati pasar apung. Pasalnya Floating Market sudah memberikannya kepada para turis.

Kawasan wisata kuliner yang menarik

Floating Market Lembang
gambar by: wisata terdekat.com

Seperti yang disebutkan di awal bahwa Floating Market menjadi salah satu kawasan wisata kuliner di Lembang. Seperti diketahui bersama bahwa daerah Lembang ini memang memberikan kesan tersendiri selain memberikan sensasi pesona keindahan alam yang sangat menarik. Ditambahg lagi di Lembang sudah tersedia aneka pusat wisata kuliner yang menawarkan aneka kuliner yang menawan dan juga lezat.

Ada beberapa kawasan wisata kuliner yang menjajakan aneka kuliner tradisional yang lezat. Seperti Rumah Makan Khas Sunda yang menyediakan aneka jenis kuliner lezat khas Sunda yang bisa memanjakan lidah para pelancong. Selain rumah makan Sunda, tentu saja Lembang menawarkan aneka kuliner atau jajanan yang menarik seperti strawberry yang khas hingga teh dan juga kopi.

Berbicara mengenai kuliner, Floating Market tentu saja menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang menarik. Selain memberikan konsep yang berbeda kepada para pengunjung, tentu saja aneka kuliner yang dijajakan juga bervariasi. Membuat para pengunjung tentu saja menjadi lebih nikmat.

Di kawasan wisata Floating Market Lembang Bandung, para wisatawan disajikan aneka kuliner yang dijual di atas perahu. Dan para pengunjung bisa menemukan aneka macam menu kuliner khas Sunda dan juga aneka kuliner khas Indonesia. Bukan hanya itu saja, kuliner khas Asia dan Eropa juga bisa ditemukan di kawasan wisata Floating Market tersebut. Dijamin para wisatawan akan terpuaskan.

Tentu saja sarana tempat wisata kuliner ini menjadi salah satu daya tarik dari kawasan wisata Floating market bagi para wisatawan yang berlibur ke sini. Floating Market bahkan menjadi salah satu kawasan wisata kuliner yang mantap.

Kawasan wisata liburan untuk keluarga

Floating Market Lembang
gambar by: yourbandung.com

Kawasan wisata Floating Market bukan hanya untuk wisata alam dan kuliner saja. Floating Market sudah sangat populer di Bandung menjadi salah satu kawasan wisata bagi keluarga. Bersaing dengan kawasan Bandung Trans Studio Bandung, Bandung Carnival Land, Fun Station Bandung , Jendela Alam dan juga Taman Kelinci di Ciwidey atau Edukidzment serta Kampung Gajah Wonderful serta Dusun Bambu.

Tidak salah jika kawasan wisata Floating Market menjadi salah satu tujuan untuk liburan bersama keluarga. Pasalnya di Floating Market ini para pengunjung bisa menemukan aneka wahana permainan yang menghadirkan konsep wisata yang unik dan juga berbeda serta baru. Ditambah lagi dengan konsep alami yang ditawarkan oleh Floating Market ini.

Para wisatawan yang berlibur bersama keluarga bisa mencoba aneka wahana permainan yang edukatif. Tentu saja bisa memberikan kepuasan kepada anak-anak kala berlibur di sini. Selain itu ada beberapa wahana permainan yang akan mengajak si kecil untuk melihat keindahan dan kemegahan alam di Floating Market.

Menghadirkan kolam renang yang menyenangkan

Floating Market Lembang
gambar by: viskrenus.co.id

Selain kawasan wisata kuliner yang unik, Floating Market juga sudah menyediakan fasilitas kolam renang yang tentu saja cukup unik dan menarik. Bandung memang memiliki banyak kawasan wisata kolam renang yang bisa dikunjungi para wisatawan bersama keluarga. Kawasan wisata Floating Market ini mencoba memberikan fasilitas bagi para hijabers yang ingin berenang sembari menikmati keindahan wisata alam di Floating Market

Di sini para wisatawan yang mengenakan hijab tersedia kolam renang khusus. Hijab Swimming Pool Floating Market bisa menjadi pilihan bagi para turis yang ingin berenang sembari bersantai di sini. Selain itu di Floating Market ini juga sudah ada kolam renang untuk keluarga yang cukup menyenangkan.

Di fasilitas kolam renang khusus yang tersedia di kawasan wisata Floating Market Lembang ini memang mengakomodir para pengunjung muslimah yang berhijab guna menikmati suasana sembari berenang. Dan area ini hanya dikhususkan untuk para hijabers. Sehingga para pria dan anak-anak dipisah dan tidak boleh masuk ke kawasan ini.

Fasilitas wisata kolam renang ini memang baru saja dibuka. Selain Hijab Swimming Pool Floating Market, di sini terdapat Kolam Renang Sky View. Kolam renang ini menyajikan keindahan wisata alam di sekitar kawasan wisata Floating Market yang eksotis.

Nikmatnya wisata belanja di Floating Market

Liburan ke Bandung tidak pas rasanya jika tidak berbelanja. Apalagi di Bandung serta Lembang banyak kawasan wisata yang mengedepankan konsep One Stop Holiday. Dimana kawasan wisata ini menggabungkan semua aspek wisata mulai dari alam, kuliner, permainan hingga wisata belanja. Dan Floating Market menjadi salah satu kawasan wisata yang mengedepankan konsep tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan berbelanja, di Floating Market Lembang ini sudah tersedia area pusat belanja yang siap memanjakan para turis. Di sini para wisatawan bisa menemukan Pasar Tradisional yang didalamnya terdapat aneka souvenir dan juga cindera mata serta oleh-oleh khas Bandung  yang bervariasi. Tentu saja hal ini bisa memberikan kemudahan kepada para wisatawan untuk membeli cindera mata untuk kerabat

Harga tiket masuk ke Floating Market Bandung

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan wisata Floating Market ini cukup membayar tiket seharga 15 ribu rupiah untuk sekali masuk dan per orang. Tiket ini bisa ditukarkan dengan minuman seperti soft drink, lemon tea, hot cappuccino dan juga hot chocolate. Tentu saja sangat menarik.

Akan tetapi harga tiket masuk ini tidak termasuk harga makanan. Para pengunjung harus menukarkan uang dengan koin yang sudah tertulis nominal jika ingin membeli makanan di sekitar Floating Market. Begitu juga dengan wahana permainan. Para pelancong harus membayar tiket untuk menikmati aneka wahana permainan di sekitar Floating Market.

Harga tiket untuk parkir bagi kendaraan roda 4 dikenakan biaya sekitar 30 ribu untuk sekali parkir. Sementara untuk kendaraan roda 2 dikenakan biaya sebesar 5 ribu. Harga untuk wahana permainan yang tersedia di kawasan wisata Floating Market ini bervariasi. Untuk area outbound, dikenakan biaya sekitar 25 ribu per orang. Sementara untuk Taman Kelinci dan juga Taman Miniatur Kereta Api dikenakan biaya sebesar 20 ribu per orang.

Sedangkan untuk Lokomotif Mini dikenakan biaya sedikit lebih mahal sekitar 25 ribu per orang. Untuk Becak dan Mobil Mini, Mancing Magnet, dan Kereta Air dikenakan biaya 20 ribu. Sementara untuk Paddle Boat dikenakan biaya sekitar 30 ribu untuk 30 menit waktu bermain. Sedangkan Sepeda Air dan Kano dikenakan biaya lebih mahal sekitar 50 ribu untuk 30 menit. Untuk wahana Sampan dikenakan biaya 70 ribu / 30 menit.

Jam operasional dari Floating Market ini dibuka sejak pukul 9 pagi. Untuk hari Senin sampai Jumat, kawasan wisata Floating Market ditutup pada pukul 5 sore atau jam 17.00. Sementara untuk akhir pekan Sabtu – Minggu dan juga hari libur nasional, Floating Market akan ditutup jam 10 malam atau 22.00.

Rute dan akses menuju lokasi

Kawasan wisata Floating Market sudah bisa diakses dengan cukup mudah. Jika berangkat dari pusat kota Bandung, perjalanan bisa melalui jalan Setiabudi yang mengarah ke Ledeng. Dari sini dilanjutkan menuju ke arah Lembang. Setelah itu para wisatawan harus mengitari pasar Lembang dan berputar mengikuti jalur yang akan membawa kembali ke Bandung. Ketika berputar, di sebelah kiri terdapat jalan Grand Hotel Lembang dan juga pintu gerbang Floating Market yang bisa diakses dengan mudah.

Referensi by: jejakpiknik.com

Wisnu Nugraha introduce my name is Wisnu Nugraha, I like traveling and writing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *