Wisnu Nugraha introduce my name is Wisnu Nugraha, I like traveling and writing

Biaya Kuliah UNPAD Tahun Ajaran 2020/2021

3 min read

biaya kuliah unpad 2020

Biaya Kuliah UNPAD 2020/2021– Pendidikan di jenjang perguruan tinggi tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi masa depan kamu.

Bahkan ada sebuah riset yang mengatakan bahwa pendidikan di masa kuliah nantinya akan sangat bermanfaat baik untuk hal finansial maupun ekonomi bagi para lulusannya.

Gelar sarjana yang nantinya akan kamu raih dianggap sebagai jaminan untuk mendapatkan kemandirian finansial, masa depan yang aman dan lebih baik, serta masa depan yang stabil.

Inilah Rincian Biaya Kuliah UNPAD 2020/2021

gambar by: https://kampusimpian.com/

Namun, untuk mendapatkan gelar sarjana ini tentu bukanlah hal yang mudah karena banyak hal yang perlu kamu korbankan salah satunya adalah biaya.

Hampir seluruh siswa yang telah lulus dari bangku SMA memiliki cita-cita dapat melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis perguruan tinggi yakni Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Untuk sekarang ini peminat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lebih mendominasi dibandingkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Banyak hal yang bisa menjadi alsaan mengapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) selalu menjadi opsi kedua oleh sebagian besar siswa yang gagal masuk dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Jika kamu memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tentu saja kamu harus melalui beberapa tahapan, seperti SMNPTN (Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), serta Jalur Mandiri.

Biaya Kuliah UNPAD

Dari sekian banyaknya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, Universitas Padjajaran atau UNPAD masih menjadi pilihan utama berbagai siswa di berbagai daerah.

Universitas Padjadjaran atau biasa disingkat dengan UNPAD sendiri merupakan salah satu Perguruan Tinggi Ngeri (PTN) yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Sejak tahun 2014 lalu, Universitas Padjadjaran (UNPAD) telah berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari Badan Layanan Umum (BLU).

Universitas yang satu ini juga masuk dalam jejeran kampus top di Indonesia khususnya di Kota Bandung.

Berdasarkan data akreditasi dari BAN-PT (November 2008), Universitas Padjadjaran (UNPAD) menempati posisi ke-4 perguruan tinggi yang paling banyak memiliki program studi yakni program studi S1 terakreditasi A (33 buah).

Tak hanya itu saja, pada Februari 2014 lalu, Universitas Padjadjaran (UNPAD) mendaptkan akreditasi dengan nilai A berdasarkan data akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Padjadjaran (UNPAD) juga menjadi salah satu perguruan tinggi dengan mahasiswa asing terbanyak ke-2 di Indonesia. Hingga saat ini, Universitas Padjadjaran (UNPAD) memiliki 16 fakultas yang dapat menjadi pilihan kamu.

Untuk fakultas yang paling favorit sendiri adalah fakultas psikologi dan fakultas kedokteran.

Hampir seluruh kursi mahasiswa di dua fakultas ini selalu ramai diminati oleh para calon psikolog dan calon dokter dari seluruh Indonesia.

Dan perlu kamu ketahui pula, Universitas Padjadjaran (UNPAD) hingga sekarang ini menempati peringkat ke-10 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Tak heran jika sistem penerimaan mahasiswa baru di kampus ini dilakukan dengan cukup ketat.

Apabila kamu tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa di Universitas Padjadjaran (UNPAD), kamu bisa mengikuti berbagai jalur seleksi yang dibuka oleh kampus ini.

Sebelum kamu mendaftarkan diri dan mengikuti berbagai jalur seleksi yang dibuka, ada baiknya kamu perlu mengetahui gambaran awal mengenai Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Salah satu gambaran awal yang perlu kamu ketahui adalah perihal biaya kuliah UNPAD.

Informasi

Sebagai informasi, biaya kuliah UNPAD saat ini menggunakan sistem Biaya Kuliah Unpad Uang Kuliah Tunggal (UKT) dimana nantinya pembayaran Biaya Kuliah Unpad UKT ini akan dilakukan setiap awal semester.

Dengan menggunakan sistem Biaya Kuliah Unpad UKT ini, nantinya uang pembangunan akan ditiadakan.

Untuk besaran biaya kuliah UNPAD sendiri akan cukup berbeda diantara setiap mahasiswanya, karena besaran biaya kuliah UNPAD akan ditentukan berdasarkan besarnya penghasilan orang tua serta pilihan fakultas dan program studi mahasiswa terkait.

Penentuan besar kecilnya Biaya Kuliah Unpad Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini nantinya didasarkan pada informasi pengisian data penghasilan orang tua ketika melakukan pendaftaran ulang bagi peserta yang telah dinyatakan lulus dalam berbagai program seleksi yang dibuka oleh pihak Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Bagi kamu yang berasal dari keluarga tidak mampu, kamu pun dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan (Bidikmisi) kepada pihak Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Untuk biaya biaya Kuliah Unpad Uang Kuliah Tunggal (UKT) sendiri dibedakan menjadi 5 kelompok yakni kelompok Biaya Kuliah Unpad

  • UKT I (UKT terendah),
  • kelompok Biaya Kuliah Unpad UKT II,
  • kelompok Biaya Kuliah Unpad UKT III,
  • kelompok Biaya Kuliah Unpad UKT IV, dan
  • kelompok Biaya Kuliah Unpad UKT V (UKT tertinggi).

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut mimin akan berikan rincian Biaya Kuliah Unpad Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Padjajaran untuk Program Studi jenjang Sarjana (S1) tahun ajaran 2020/2021.

Rincian Biaya

Sebagai informasi tambahan, berikut mimin berikan pula rincian persyaratan untuk bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di Universitas Padjajaran (UNPAD) tahun ajaran 2020/2021.

Persyaratan Masuk Unpad

  • Untuk bisa melanjutkan studi ke UNPAD, calon mahasiswa wajib memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.
  • Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.
  • Mengikuti seleksi ujian masuk UNPAD, baik melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun SMUP.
  • Mahasiswa baru jalur SNMPTN tidak dikenakan biaya pendaftaran, jalur SBMPTN dikenakan biaya pendaftaran Rp200.000, sedangkan melalui jalur SMUP dikenakan biaya registrasi Rp500.000.
  • Melakukan pendaftaran secara online melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id.
  • Menyertakan berkas-berkas atau dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi ijazah terakhir, fotokopi rapor terakhir, fotokopi KTP atau identitas diri, fotokopi Akta Kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga, pasfoto terbaru, dan lain-lain.

Nah, itu tadi adalah ulasan sepuar biaya pendidikan yang harus kamu bayarkan bagi seluruh calon mahasiswa baru Universitas Padjajaran (UNPAD) tahun ajaran 2020/2021.

Demikian informasi yang dapat mimin berikan tentang biaya kuliah UNPAD, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kamu yang akan kuliah di Universitas Padjajaran (UNPAD).

Referensi by: https://mamikos.com/

Wisnu Nugraha introduce my name is Wisnu Nugraha, I like traveling and writing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *